Jumat, 16 Januari 2015

Salah Paham Pengetahuan & Sains (Vol. 6: Jenis Makhluk Hidup)



Ya, setelah lebih dari setahun akhirnya ada kelanjutan untuk serial kesalah pahaman/misconception series, kali ini yang agak lebih serius. Yaitu tentang makhluk hidup (lagi).

34. Ada dua jenis tumbuhan: Dikotil & Monokotil.

Salah! Dikotil & Monokotil hanyalah klad (kelompok keturunan) dari tumbuhan berbunga. Dan tumbuhan berbunga punya 3 klad (kelompok) utama (untuk saat ini, dan beberapa lainnya yang tidak terlalu banyak spesiesnya) yaitu:
  • Monokotil, yaitu kelompok tumbuhan berbunga dengan ciri utama memiliki biji berkeping tunggal, selain itu meiliki akar serabut, kelopak bunga kelipatan tiga, memiliki daun lembaga tunggal dan tulang daun sejajar.
  • Eudikotil / Dikotil, yaitu kelompok tumbuhan berbunga dengan ciri utama memiliki biji berkeping ganda, selain itu memiliki akar tunggang, kelopak bunganya merupakan kelipatan empat atau lima, memiliki memiliki daun lembaga ganda dan urat daun yang menyirip (bentuk yang menjari sama dengan menyirip, perhatikan setiap cabang jarinya uratnya menyirip juga).
  • Magnoliids, yaitu kelompok tumbuhan berbunga dengan ciri utama memiliki bunga berkelipatan tiga (seperti monokot), memiliki daun menyirip (seperti eudikot) dan biasanya memiliki buah dengan biji tunggal yang besar. Contoh tumbuhan Magnoliid adalah: Magnolia, Alpukat, Srikaya, Sirsak, Kenanga, Cempaka, Pala, Lada, dll. 
Magnoliid bukan termasuk klad monokot dan eudikot, dan ciri fisiknya juga berbeda, kelopak bunga kelipatan 3, kebanyakan biji tidak berkeping tapi memiliki 2 kotiledon, ada yang berakar serabut dan ada yang tunggang, dan sebagainya.
Tapi tunggu dulu, ciri fisik tumbuhan tidak terlalu penting. Banyak tumbuhan yang keliru, misalnya:
  • Talas & keladi-keladian: Memiliki daun yang menyirip. Lalu akarnya? Sebenarnya akanya adalah serabut, dan yang terlihat seperti akar tunggang itu adalah umbi. Akar serabutnya ada di sekitar umbi tersebut. Dan sebenarnya talas adalah monokotil.
  • Teratai: Bukan monokotil dan bukan dikotil! Melainkan ordo Nymphaeales.
  • Melinjo: Memiliki daun menyirip, berbatang keras & bercabang tapi berbiji tunggal? Apakah itu Magnoliid? Salah! Pohon melinjo tidak menghasilkan bunga sama sekali, melainkan hanya kerucut jantan dan kerucut betina di pohon berbeda dan tidak memiliki kelopak dan organ bunga lainnya yang ada di tumbuhan berbunga. Dan merupakan tumbuhan berbiji terbuka!

Tapi ingat! Dikotil & Monokotil hanyalah klad dari tumbuhan berbunga. Selain tumbuhan berbunga, kerajaan tumbuhan memiliki cabang lain selain tumbuhan berbunga. Diantaranya:
  • Tumbuhan lumut, yang berkembang biak dengan tunas. (Beberapa jenis lumut)
  • Tumbuhan paku, berkembang biak dengan spora. (Papu-pakuan, suplir, tanduk rusa, dll)
  • Tumbuhan berbiji, yang dibagi menjadi:
    • Tumbuhan berbiji terbuka, yang bijinya tidak terbungkus atau tidak memiliki buah. (Pakis haji, ginko, konifer termasuk pinus dan melinjo)
    • Tumbuhan berbunga, tentunya yang memiliki bunga lengkap dengan buahnya yang membungkus biji.
Dan masih banyak yang lainnya.


35.  Makhluk hidup ada jenis 3: Manusia, Tumbuhan & Hewan.

Hmm, kalau ada tiga jenis sih bisa dibilang benar. Tapi untuk yang mengacu pada Tiga Domain itu adalah: Bakteria, Arkea & Eukariota. Bakteri & Arkea didominasi oleh mikroba baik bersel tunggal atau jamak, keduanya tidak memiliki nukleus sel, yang membedakannya yaitu membran sel (ester & peptidoglycan vs. ether & pseudopeptidoglycan), dan metabolisme yang unik (fotosintesis, respirasi aerobik & anaerobik, fermentasi, dan autotrofi vs. methanogenesis). Sedangkan Eukaria adalah yang lebih canggih dan rumit, yang memiliki nukleus (inti sel dimana tempat menyimpan DNA), dan memiliki organel (mitokondrion, kloroplas).

(sumber: Wiki)
Sedangkan (Kerajaan) Hewan dan (kerajaan) Tumbuhan termasuk dalam domain Eukaria, bersamaan dengan kerajaan lainnya yaitu: Amoebozoa, Archaeplastida (Tumbuhan), Chromalveolata, Rhizaria, Excavata, Opisthokonta. Dan Opisthokonta dibagi menjadi dua yaitu Fungus (jamur) dan Metazoa (Hewan).
Di dalam kerajaan Hewan, terdapat vertebrata, dan di dalam vertebrata terdapat mamalia, dan di dalam mamalia terdapat primata, dan di dalam primata baru terdapat Homo sapiens (Manusia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar